Senin, 20 Oktober 2014

RPP KTSP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Sekolah                       : SMP N 43 Palembang
Mata pelajaran          : Pendidikan Agama Islam (P.A.I)
Kelas / semester         : VIII / 1
Alokasi waktu            : 4 X 45 menit (2x pertemuan)
A.    Standard Kompetensi
1.      Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab allah swt.
Memahami iman kepada kitab-kitab allah.
B.     Kompetensi dasar
1.1  Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab allah swt.
1.2  Memahami nama-nama kitab-kitab allah swt yang diturunkan kepada para rasul serta dalilnya
1.3   Menampilkan sikap mencintai al-qur’an sebagai kitab allah.
1.4  Mengetahui isi pokok dari tiap kitab allah yang diturunkan kepada para rasul.
1.5  Mengetahui cara cara beriman kepada kitab allah sebelum al-Qur’an dan beriman kepada al-Qu’an.
1.6  Mengetahui fungsi iman kepada kitab allah.
C.    Indikator
·          Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab allah swt.
·         Menyebutkan nama-nama kitab allah yang wajib kita imankan.
·         Menyebutkan dalil dari setiap kitab yang diturunkan allah kepada para rasul.
·         memasangkan nama-nama kitab allah yang diturunkan kepada para rasul serta dalilnya.
·         Menjelaskan isi pokok dari tiap kitab allah yang diturun kepada para rasul, yakni isi pokok taurat, zabur, injil, al-Qur’an.
·         Menjelaskan cara beriman kepada kitab-kitab sebelum al-Qur’an dan cara beriman kepada al-Qur’an.
·          memahami fungsi beriman kepada kitab allah.
·         menampilkan rasa cintanya kepada al-qur’an sebagai kitab allah.




D.    Tujuan pembelajaran
·         Siswa mampu menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab allah.
·         Siswa mampu memahami dan menghubungkan nama-nama kitab allah yang diturunkan kepada para rasul serta dalil-dalilnya.
·         Siswa mampu menyebutkan nama-nama kitab allah yang wajib kita imankan.
·         Siswa mampu menyebutkan dalil dari setiap kitab yang diturunkan allah kepada para rasul.
·         Siswa mampu menjelaskan isi pokok dari tiap kitab allah yang diturun kepada para rasul, yakni isi pokok taurat, zabur, injil, al-Qur’an.
·         Siswa mampu menjelaskan cara beriman kepada kitab-kitab sebelum al-Qur’an dan cara beriman kepada al-Qur’an.
·         Siswa mampu memahami fungsi beriman kepada kitab allah.
·         Siswa mampu menampilkan rasa cintanya kepada al-qur’an sebagai kitab allah
E.     Materi pembelajaran
·         Iman kepada kitab-kitab allah swt
1.      Pengertian iman kepada kitab-kitab allah.
2.      Menyebutkan nama-nama kitab-kitab allah.
3.      Kitab-kitab allah sebagai petunjuk bagi manusia.
4.      Al- Quran sebagai kitab suci umat islam.
F.     Metode pembelajaran
·         Metode ceramah
·         Metode diskusi
·         Metode short card
·         Metode penugasan
G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal ( pembukaan/ apersepsi)
·         Memulai dengan salam, berdoa dan mengabsen siswa.
·         Mengadakan apersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian iman kepada kitab-kitab allah.
·         Mengadakan motivasi, membangkitkan dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa pentingnya beriman kepada kitab-kitab allah.
·         Meminta siswa menyiapkan buku pelajarannya.




2.      Kegiatan inti
·         Eksplorasi: Guru meminta masing–masing membaca buku fiqh tentang beriman kepada kitab-kitab allah.
·         Konfirmasi: guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan pengertian beriman kepada kitab-kitab allah.
·         Elaborasi: guru menjelaskan keseluruhan materi kepada siswa tentang beriman kepada kitab-kitab allah.
·         Eksplorasi: guru membagi siswa menjadi beberpa kelompok.
·         Eksplorasi: guru memberikan kartu kecil (potongan kartu kecil warna-warni bertuliskan nama rasul, kitab dan dalil diturunnya kitab tersebut).
·         Elaborasi: guru meminta siswa mencocokan atau mengkorelasikan nama rasul yang menerima kitab dengan kitab nya dan dalil nya secara benar di papan tulis berdasarkan kartu kecil yang telah dibagikan kepada siswa (kelompok).
·         Konfirmasi: guru mengoreksi pekerjaan kelompok tersebut
·         Konfirmasi: guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang beriman kepada kitab-kitab allah.
3.      Kegiatan penutup
·         Guru melontarkan pertanyaan kepada siswa tentang materi beriman kepada kitab-kitab allah.
·         Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing.
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa.
·         Guru memberikan tugas kepada siswa.
·         Bersama-sama guru dan murid mengucapkan salam.
H.    Alat/ sumber belajar
·         Buku paket Pendidikan agama islam jilid 2 untuk smp kelas VIII “ ayo belajar agama islam” penerbit erlangga, halaman 7-16.
·         Potogan kertas  ( karton/ kartu kecil) warna warni

















I.       Penilaian

Indikator pencapaian kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Contoh instrumen
Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab allah.
Tes tulis
Uraian
Apa pengertian beriman kepada kitab-kitab allah?
Siswa dapat memahami  nama-nama kitab allah yang diturunkan kepada para rasul serta dalilnya.
Tes tulis
Uraian
Sebutkan macam-macam kitab allah yang wajib kita imani serta dalinya dan rasul yang menerima kitab tersebut?
Siswa mengetahui isi pokok dari tiap kitab allah yang diturunkan kepada para rasul.

Tes tulis
Uraian
Jelaskan isi pokok dari tiap kitab allah yang diturunkan kepada para rarul?
Siswa mengetahui cara-cara beriman kepada kitab allah sebelum al-Qur’an dan beriman kepada al-Qu’an.

Tes tulis
Uraian
Sebutkan bagaima cara beriman kepada kitab-kitab allah sebelum al-Qur’an dan bagaimana cara beriman kepada al-Qur’an.
Siswa dapat memahami fungsi beriman kepada kitab allah.

Tes tulis
Uraian
Jelaskan fungsi dari beriman kepada kitab-kitab allah?

                                                                                                Palembang, Senin 3Juli 2014
Mengetahui kepala sekolah,                                                                Guru bidang studi


(………………………………)                                                          (…………………………….)

NIP.                                                                                                    NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar