Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(
RPP )
Sekolah : SMP N 43 Palembang
Mata
pelajaran : Pendidikan Agama
Islam (P.A.I)
Kelas
/ semester : VIII / 1
Alokasi
waktu : 4 X 45 menit (2x
pertemuan)
A.
Standard
Kompetensi
1. Meningkatkan
keimanan kepada kitab-kitab allah swt.
Memahami
iman kepada kitab-kitab allah.
B.
Kompetensi
dasar
1.1 Menjelaskan
pengertian beriman kepada kitab-kitab allah swt.
1.2 Memahami
nama-nama kitab-kitab allah swt yang diturunkan kepada para rasul serta
dalilnya
1.3 Menampilkan sikap mencintai al-qur’an sebagai
kitab allah.
1.4 Mengetahui
isi pokok dari tiap kitab allah yang diturunkan kepada para rasul.
1.5 Mengetahui
cara cara beriman kepada kitab allah sebelum al-Qur’an dan beriman kepada
al-Qu’an.
1.6 Mengetahui
fungsi iman kepada kitab allah.
C.
Indikator
·
Menjelaskan
pengertian beriman kepada kitab-kitab allah swt.
·
Menyebutkan nama-nama kitab allah yang
wajib kita imankan.
·
Menyebutkan dalil dari setiap kitab yang
diturunkan allah kepada para rasul.
·
memasangkan nama-nama kitab allah yang
diturunkan kepada para rasul serta dalilnya.
·
Menjelaskan isi pokok dari tiap kitab
allah yang diturun kepada para rasul, yakni isi pokok taurat, zabur, injil,
al-Qur’an.
·
Menjelaskan cara beriman kepada
kitab-kitab sebelum al-Qur’an dan cara beriman kepada al-Qur’an.
·
memahami fungsi beriman kepada kitab allah.
·
menampilkan rasa cintanya kepada
al-qur’an sebagai kitab allah.
D.
Tujuan
pembelajaran
·
Siswa mampu menjelaskan pengertian
beriman kepada kitab-kitab allah.
·
Siswa mampu memahami dan menghubungkan nama-nama
kitab allah yang diturunkan kepada para rasul serta dalil-dalilnya.
·
Siswa mampu menyebutkan nama-nama kitab
allah yang wajib kita imankan.
·
Siswa mampu menyebutkan dalil dari
setiap kitab yang diturunkan allah kepada para rasul.
·
Siswa mampu menjelaskan isi pokok dari tiap
kitab allah yang diturun kepada para rasul, yakni isi pokok taurat, zabur,
injil, al-Qur’an.
·
Siswa mampu menjelaskan cara beriman
kepada kitab-kitab sebelum al-Qur’an dan cara beriman kepada al-Qur’an.
·
Siswa mampu memahami fungsi beriman
kepada kitab allah.
·
Siswa mampu menampilkan rasa cintanya
kepada al-qur’an sebagai kitab allah
E.
Materi
pembelajaran
·
Iman kepada kitab-kitab allah swt
1. Pengertian
iman kepada kitab-kitab allah.
2. Menyebutkan
nama-nama kitab-kitab allah.
3. Kitab-kitab
allah sebagai petunjuk bagi manusia.
4. Al-
Quran sebagai kitab suci umat islam.
F.
Metode
pembelajaran
·
Metode ceramah
·
Metode diskusi
·
Metode short card
·
Metode penugasan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal ( pembukaan/ apersepsi)
·
Memulai dengan salam, berdoa dan
mengabsen siswa.
·
Mengadakan apersepsi, mengajukan
pertanyaan tentang pengertian iman kepada kitab-kitab allah.
·
Mengadakan motivasi, membangkitkan dan
menumbuhkan kesadaran siswa bahwa pentingnya beriman kepada kitab-kitab allah.
·
Meminta siswa menyiapkan buku
pelajarannya.
2.
Kegiatan
inti
·
Eksplorasi:
Guru meminta masing–masing membaca buku fiqh tentang beriman kepada kitab-kitab
allah.
·
Konfirmasi:
guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan pengertian beriman kepada
kitab-kitab allah.
·
Elaborasi:
guru menjelaskan keseluruhan materi kepada siswa tentang beriman kepada
kitab-kitab allah.
·
Eksplorasi:
guru membagi siswa menjadi beberpa kelompok.
·
Eksplorasi:
guru memberikan kartu kecil (potongan kartu kecil warna-warni bertuliskan nama
rasul, kitab dan dalil diturunnya kitab tersebut).
·
Elaborasi:
guru meminta siswa mencocokan atau mengkorelasikan nama rasul yang menerima
kitab dengan kitab nya dan dalil nya secara benar di papan tulis berdasarkan
kartu kecil yang telah dibagikan kepada siswa (kelompok).
·
Konfirmasi:
guru mengoreksi pekerjaan kelompok tersebut
·
Konfirmasi:
guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang beriman kepada kitab-kitab
allah.
3.
Kegiatan
penutup
·
Guru melontarkan pertanyaan kepada siswa
tentang materi beriman kepada kitab-kitab allah.
·
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku
catatan masing-masing.
·
Guru memberikan motivasi kepada siswa.
·
Guru memberikan tugas kepada siswa.
·
Bersama-sama guru dan murid mengucapkan
salam.
H.
Alat/
sumber belajar
·
Buku paket Pendidikan agama islam jilid
2 untuk smp kelas VIII “ ayo belajar agama islam” penerbit erlangga, halaman
7-16.
·
Potogan kertas ( karton/ kartu kecil) warna warni
I.
Penilaian
Indikator pencapaian kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Contoh instrumen
|
Siswa dapat menjelaskan pengertian beriman
kepada kitab-kitab allah.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Apa pengertian beriman kepada
kitab-kitab allah?
|
Siswa dapat memahami nama-nama kitab allah yang diturunkan kepada
para rasul serta dalilnya.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan macam-macam kitab allah yang
wajib kita imani serta dalinya dan rasul yang menerima kitab tersebut?
|
Siswa
mengetahui isi pokok dari tiap kitab allah yang diturunkan kepada para rasul.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan isi pokok dari tiap kitab
allah yang diturunkan kepada para rarul?
|
Siswa
mengetahui cara-cara beriman kepada kitab allah sebelum al-Qur’an dan beriman
kepada al-Qu’an.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Sebutkan bagaima cara beriman kepada
kitab-kitab allah sebelum al-Qur’an dan bagaimana cara beriman kepada
al-Qur’an.
|
Siswa
dapat memahami fungsi beriman kepada kitab allah.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
Jelaskan fungsi dari beriman kepada
kitab-kitab allah?
|
Palembang,
Senin 3Juli 2014
Mengetahui kepala sekolah, Guru
bidang studi
(………………………………) (…………………………….)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar